Fisika UIN MALANG berhasil mendapatkan Medali Emas di Kompetisi Sains Internasional Walisongo (IWSC) 2023

Mahasiswa Jurusan Fisika Fakultas Sains dan Teknologi (FST) Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang meraih Medali Emas pada Kompetisi Sains Internasional Walisongo (IWSC) 2023. IWSC adalah kompetisi sains internasional yang diikuti oleh mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia dan luar negeri. IWSC 2023 adalah kompetisi tahunan berskala internasional yang rutin diselenggarakan oleh UIN Walisongo Semarang, dengan tema IWSC tahun ini adalah “Being a Briliant Scientist on Future Through Science and Technology.”

Fisika Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang mengirimkan perwakilan ke kompetisi tahun ini. Eka Fitri Handayani, Siti Aisyatul Maghfiroh, dan Muhammad Tegar Janaki adalah mahasiswa yang dikirim sebagai perwakilan Fisika Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang yang akan bersaing dengan puluhan siswa lain dari dalam negeri dan luar negeri. Kategori yang diikuti adalah Scientific Papers: Start-Up Innovation for Information Technology, dengan judul Design And Development Of E-nose To Know The Breath Old Classification Patterns Of Fasting And Non-fasting People.

Pada kategori Start-Up Innovation for Information Technology, mahasiswa Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang unggul dalam membuat perencanaan yang matang mengenai E-Nose. Perencanaan ini disajikan dalam bentuk paper yang kemudian dipresentasikan secara online di depan dewan juri. Dengan demikian, perwakilan Fisika Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang berhasil menyabet gold medal pada kategori Start-Up Innovation for Information Technology.